Minggu, 21 Februari 2016

sistem medis cina yin dan yang

BAB I
PENDAHULUAN
A.Latar Belakang
Sejak manusia mengalami sakit, ia pun berusaha untuk mencari kesembuhan. Ada berbagai cara manusia untuk mendapatkan kesembuhan agar bsa menjadi manusia sehat seperti sediakala. Maka sejak itu pula ditemukan berbagai sistem medis yang berbeda di setiap kondisi zaman.
Pengobatan tradisional cina mewakili kasus tentang konsep sentral dalam kosmologi cina.”Pasangan kekuatan ying dan yang, dimana interaksi yang terus menerus berada dibalik seluruh gejala alam, terbentuk dan berfungsi tubuh manusia (croizier 1968 ).
Dalam pengObatan Cina setidaknya ada lima metode utama yang berbeda dari penyembuhan dan ada banyak metode lain yang kurang dikenal penyembuhan. Lima utama metode penyembuhan Akupunktur, Herbologi, Chi Kung, pengaturan tulang dan pijat tuina. Masing-masing metode memiliki banyak subkategori, metode dan sekolah yang berbeda pemikiran.

B.Rumusan Masalah
·         Bagaimana sistem medis china yin dan yang?
·         Bagaimana sistem medis humoral pathology ayurvedic?

C.Tujuan
·         Agar mahasiswa dapat mengetahui bagaimana sistem medis china yin dan yang.
·         Agar mahasiswa dapat mengetahui bagaimana sistem medis humoral pathology ayurvedic.
BAB II
PEMBAHASAN
A.    Pengertian Sistem Medis
Dunn mengatakan bahwa sistem medis adalah pola-pola dari pranata-pranata sosial dan tradisi-tradisi budaya yang menyangkut perilaku yang sengaja untuk meningkatkan kesehatan, meskipun hasil dari tingkah laku khusus tersebut belum tentu menghasilkan kesehatan yang baking diharapkan dan sesuai dengan y (Dunn 1976:135).
Saunders (154:7) menambahkan bahwa sistem medis sebagai suatu kompleks luar dari pengetahuan, kepercayaan, teknik, peran, norma-norma, nilai-nilai, ideologi, sikap, adat-istiadat, upacara-upacara, dan lain-lain. Karena keharusan, manusia mau tidak mau senantiasa menaruh perhatian terhadap masalah-masalah kesehatan serta usaha untuk mempertahankan kelangsungan hidup dan sejauh batas pengetahuannya mencari penyelesaian masalah-masalah penyakit (Rubin; 1960).
Secara umum, sistem medis adalah segala kepercayaan dalam usaha untuk meningkatkan kesehatan dan tindakan pengetahuan ilmiah maupun keterampilan anggota-anggota kelompok yang mendukung sistem tersebut.


B.Sistem medis china yin dan yang
Dalam Ilmu Pengobatan Cina teori Yin Yang mendasari segala aspek, merupakan dasar pemikiran dan dasar cara penggunaan pikiran. Dengan teori Yin Yang dijelaskan dan dinilai keadaan lingkugan, fisiologi organ tubuh manusia, patologi penyakit, cara pemeriksaan, penegakan diagnosa, cara terapi dan penilaian prognosis.
Para ahli pengobatan Cina pada jaman Can Kuo (antara abad ke 5 dan abad ke 3 SM) menyimpulkan seluruh pengalaman – pengalaman dalam ilmu pengobatan dari jaman sebelumnya, lalu membentuk teori dasar Ilmu Pengobatan Cina yaitu Yin Yang ini.
1.Definisi dan Karateristik
Sifat dan gejala yang ada di alam semesta ini mempunyai dua “muka” yang saling bertentangan. Yin dan Yang adalah dua hal yang bertentangan. Yin dan Yang saling bertentangan tetapi juga saling membentuk. Pada suatu saat Yin Yang terjadi pertentangan dalam hal kerja dan sifat, tetapi suatu saat bisa terjadi hubungan saling erat antara satu dengan yang lain. Yin Yang tidak berarti mutlak. Dalam Yin terdapat Yang dan dalam Yang terdapat Yin.
Yin Yang membentuk sebuah kesatuan dan keseimbangan. Hilangnya keseimbangan menimbulkan keadaan abnormal, dimana terdapat Yin atau Yang yang berlebihan. Dan bilamana yang berlebihan dilemahkan atau yang lemah dikuatkan, sehingga terjadi lagi konsep keseimbangan dalam Yin Yang.
a. Gambaran Yin Yang dalam alam semesta :
Yin : malam, gelap, bawah,dingin, air, barat, utara, wanita, fisik, padat
Yang : siang, terang, atas, panas, api, timur, selatan, laki-laki, mental, berongga
b. Gambaran Yin Yang pada bagian tubuh manusia
Yin : tubuh bag. depan, tubuh bag. dalam, tubuh bag. bawah, perut, dada
Yang : tubuh bag. belakang, tubuh bag. permukaan, tubuh bag. atas, punggung
c. Gambaran Yin Yang terhadap organ tubuh manusia
Yin : Jantung, Hati, Pericard, Ginjal, Paru-Paru, Limpa
Yang : Usus besar, Usus kecil, kandung kemih, kandung empedu, Sanjiao (tripemanas), Lambung
d. Gambaran Yin Yang terhadap penyakit
Yin : Kronis (lama) biasanya dgn gejala: tenang, dingin, lembab, bengkak
Yang : Akut (baru saja) biasanya dengan gejala : gelisah, panas, kering

2.Teori Yin Yang dalam Akupunktur
Dalam Ilmu Pengobatan Cina didapati pandangan – pandangan :
a. Bahwa tubuh manusia yang dilahirkan berasal dari dua buah benda yang mewakili Yin Yang (Ovum dan Sperma / Ibu dan Ayah)
b. Bahwa tubuh manusia adalah bentuk kesatuan dari pertentangan Yin dan Yang (karena lahir dari dua buah benda yang mewakili Yin dan Yang). Oleh karena itu hanya dengan mempertahankan keseimbangan Yin Yang manusia dapat hidup teratur dan sehat. Bilamana terjadi kehilangan keseimbangan Yin Yang, maka timbullah keadaan sakit.
c. Bahwa segala sesuatu yang ada di alam semesta ini merupakan bentuk kesatuan dari Yin Yang dan manusiapun juga merupakan kesatuan Yin Yang seperti tersebut di atas. Maka keadaan seimbang Yin Yang dalam tubuh manusia juga dipengaruhi keadaan Yin Yang alam sekitarnya.
Dengan demikian ilmu akupunktur meletakkan beberapa prinsip dasar pengobatan dan pencegahan dengan metode Yin Yang. Atau bahasa mudahnya prinsip pengobatan akupunktur adalah dengan menyelaraskan kembali Yin Yang dalam tubuh manusia agar didapati keseimbangan dalam tubuh manusia.
Aplikasi Yin Yang dalam Akupunktur
·         Pembagian organ tubuh
Yin : Paru, Limpa, Jantung, Perikardium, Hati, Ginjal
Yang : Usus Besar, Usus Kecil, Kandung kemih, Kandung Empedu, Lambung, Sanjiao
·         Pembagian Sindrom Penyakit :
Yin : Sindrom Dingin, Sindrom Deffisien, Sindrom Dalam
Yang : Sindrom Panas, Sindrom Ekses, Sindrom Luar
·         Terapi :
Yin : dengan Jarum
Yang : dengan Moksa
·         Penyebab Penyakit
Yin : Penyebab Penyakit Dalam
Yang : Penyebab Penyakit Luar
·         Cara Pengobatan
Penyakit Yin : dengan tindakan pengobatan Yang
Penyakit Yang : dengan tindakan pengobatan Yin
·         Tipe Penyakit
Tipe Yin : berkaitan dengan organ Yin
Tipe Yang : berkaitan dengan organ Yang


B.SISTEM MEDIS HUMORAL PATOLOGI AYURVEDIC.
1.      Patologi humoral
Patologi humoral berdasarkan atas konsep ”humor” (cairan ) dalam tubuh manusia ditemukan dalam teori yunani mengenai empat unsur (Tanah, Air, Udara, Api) Dikenal Sejak Abad Ke 6 .S.M. teori keseimbangan mengenai kesehatan telah berkembang dimasa Yunani, hal itu dibuktikan oleh diskripsi ‘Hipocrates’ tentang penyakit : tubuh manusia mengandung darah, flegma , empedu kuning, dan empedu hitam. Unsur-unsur inilah yang membentuk tubuh manusia dan menyebabkan tubuh merasakan  sakit atau sehat, penyakit akan timbul pada waktu tertentu pada setiap tahun.
             penyakit akan menonjol pada musim yang cocok dengan sifat-sifatnya.
penyakit yang disebabkan oleh kelebihan makanan diobati dengan puasa,
penyakit kekurangan makanan disembuhkan dengan memberi makanan.
penyakit akibat kerja keras diobati dengan istirahat. Dokter harus menanggulangi penyakit dengan prinsip oposisi terhadap penyebab prenyakit, sesuaqi dengan bentuknya, pengaruh musimnya, dan pengaruh usianya, menghadapi ketegangan dengan kesantaiannya. Keseimbangan berbeda-beda terlihat pada wajah. kemerah-merahan wajah sehat, gembira, optimis. Flegmatis, tenang dapat mengendalikan diri, lamban, apatis. masam, cepat marah, bertemperamen buruk, murung atau melankoli, depresi, sedih, melankolis.
a.       Penyakit Yang Disebabkan Panas
Di obati dengan ramuan obat yang dingin dan makanan yang dingin dilakukan tindakan – tindakan yang mendinginkan.
b.      Penyakit Yang disebabkan Oleh Dingin.
Di obati dengan ramuan panas dan makanan panas. diberikan tindakan anti panas pengobatan pada umumnya campuran mdari unsur dingin dan unsur panas.
c.       Patologi Humurol Konsep Galen
Menyebar Kearah Timur Dan Barat Melalui Perluaqsan Perdapan Islam.Menurut Tulisan Tabib Kristen Hipocrates, Galen Dan Tabib Dari Arab Kususnya Utama Avicema Merupakan Otoritas Utama Dalam Teori Dan Pelaksanaan Medis.
2.      Pengobatan Ayurveda
Dalam pengobatan Ayurveda di india pada awal abad pertama .s . m. jelliffe (1957) mengadakan penelitian bahwa makanan garam (panas) meliputi telur, daging, susu, dahl, madu, dan gula.
makanan tonda (dingin) meliputi sari buah-buahan, yoghurt, keju asam, nasi dan air.

·         Teori Ayurveda
Alam semesta terdidiri empat unsur yakni bumi,air,api, udara) ditambah satu unsur yaitu eter. Tubuh manusia memiliki tiga humor yang disebut dosha (tridosha) yakni flegma atau cairan lendir,empedu atau cairan pada empedu, angin atau gas dalam saluran pencernaan.
·         Sehat Menurut Teori Ayurveda
Apabila ketiga dosha tersebut berada dalam keadaan seimbang. Sakit adalah apabila salah satu atau lebh dosha tidak berfungsi sebagaimana mustinya. (leslie 1969 ).










BAB III
PENUTUP
A.Kesimpulan
Dalam Ilmu Pengobatan Cina teori Yin Yang mendasari segala aspek, merupakan dasar pemikiran dan dasar cara penggunaan pikiran. Dengan teori Yin Yang dijelaskan dan dinilai keadaan lingkugan, fisiologi organ tubuh manusia, patologi penyakit, cara pemeriksaan, penegakan diagnosa, cara terapi dan penilaian prognosis.
Para ahli pengobatan Cina pada jaman Can Kuo (antara abad ke 5 dan abad ke 3 SM) menyimpulkan seluruh pengalaman – pengalaman dalam ilmu pengobatan dari jaman sebelumnya, lalu membentuk teori dasar Ilmu Pengobatan Cina yaitu Yin Yang ini.
Sebuah sistem medis naturalistik didasarkan pada gagasan bahwa tubuh kita memiliki empat cairan penting atau cairan - darah, dahak, empedu hitam, dan empedu kuning. Setiap humor diyakini memiliki sendiri darah yang panas dan basah "kulit.". Dahak dingin dan basah. Empedu Hitam adalah dingin dan kering. Empedu Kuning panas dan kering. Berkulit ini tidak ada hubungannya dengan suhu aktual dan kelembaban. Selain cairan tubuh, tiga organ internal dianggap sangat penting dalam patologi humoral.






DAFTAR PUSTAKA


Tidak ada komentar:

Posting Komentar